Thursday, November 20, 2008

Advent 2008 : “Jangan Takut”

*) Fr. Karyo Sanyoto, dari berbagai sumber

Jangan takut - kamu dipilih, Jangan takut - kamu diutus, Jangan takut - hadapi tantangan, Jangan takut - aku besertamu. Demikian berturut turut tema Ibadat Adven 2008 ini.

Dalam jendela khusus (semacam biografi singkat) untuk Paus Yohanes Paulus II (YP II) dari web resmi Vatican http://www.vatican.va/holy_father dapat ditemukan slogan besar“Don’t be afraid..” yang artinya kebetulan adalah sama dengan tema Advent kali ini. Memang demikianlah, Paus YP II menghadapi banyak tantangan dalam usahanya mendamaikan dan mengenalkan Tuhan kepada dunia. Dengan tidak mengenal takut, beliau berusaha menemui tokoh tokoh penting yang memiliki aliran yang sangat berseberangan sekalipun. Dunia mencatat, Paus YP II adalah Paus yang paling banyak bertemu dengan pemimpin-pemimpin dunia dari semua latar belakang politik, aliran, ras, dan agama. Pada masa itu, ia terang terangan pernah mengkritik komunis dengan menyebut “membangun dunia tanpa Tuhan tampak sebagai ilusi belaka”. Masa itu, Paus tercatat pernah melakukan salah satu pertemuan paling bersejarah di dunia dengan bertemu Mikhail Gorbachev (Pimpinan Partai Komunis Uni Soviet).

Ensiklik terkenal “Pacem in Terris” (Damai di Bumi) yang ditulis Paus Yohanes XXIII diakui Gorbachev mengilhaminya untuk memperbaharui citra komunis dengan memperkenalkan jargon Glasnost/pembaharuan dan perestroika /restrukturisasi. Akhirnya, komunis runtuh dan dunia mengakui bahwa peristiwa penting tersebut terjadi karena salah satu karya Paus.

Kembali ke masa tema Advent, kita kembali diajak untuk merenungkan sapaan Tuhan yang telah MEMILIH dan MENGUTUS kita untuk menghadapi TANTANGAN. Tuhan beserta kita, dan Selamat memasuki masa Adven.

Wednesday, November 19, 2008

Warta Lingkungan Antonius 4 - Edisi XIX NOV ‘08

HATI KE HATI : TETAP SEMANGAT
*) Renungan Ibu J. Ruly S.

Bulan Agustus lalu keluarga besar kami berkumpul di Semarang untuk memperingati Pernikahan Emas Bapak dan Ibu. Putra-putri dan cucu-cucu jauh-jauh hari merencanakan kejutan untuk itu. Kami menyiapkan Misa Syukur dan dilanjutkan perjamuan sederhana dengan mengundang teman-teman bapak-ibu untuk sekalian bernostalgia. Di acara tersebut ditayangkan slide foto ‘jadul’ yang mengisahkan perjalanan Bapak-Ibu dari masa muda sampai sekarang… Foto-foto ini ternyata menarik perhatian… “ Itu lho.. almarhumah ibu A, yang itu almarhum Pakde B..” atau, “ Wah lihat foto Bapak C waktu masih muda, yang itu foto mbak D waktu masih kecil imut-imut ya… sekarang sih amit-amit hihihi…” begitu berbagai komentar yang kami dengar. Selain mengundang komentar, suguhan foto itupun mengundang haru, beberapa tamu undangan mengusap air matanya dengan tissue ketika melihat foto-foto tersebut. Saat itu saya sempat bergumam , bisakah saya dan suami kelak sampai ke Pernikahan Emas seperti kedua orang tua kami? Dan pertanyaan yang sama pasti sempat singgah dalam benak semua pasangan yang hadir pada saat itu, “Sampai tidak ya umur kami nanti ke 50 tahun Pernikahan?”
Pertanyaan yang sangat wajar saya kira, walaupun sesungguhnya , tidaklah penting berapa lama kita hidup, satu hari ataupun bahkan seratus tahun karena yang penting adalah apa yang kita telah kita lakukan selama hidup kita. Sebagaimana diungkapkan oleh Uskup Agung Fulton Sheen: “Sebab ketika tirai diturunkan pada hari terakhir, dan kita menjawab panggilan untuk menghadapi pengadilan, kita tidak akan ditanya peran apa yang kita mainkan, tetapi bagaimana kita memainkan peran yang dipercayakan kepada kita.”
Memasuki bulan November, slide foto yang ditayangkan pada Pernikahan Emas Bapak-Ibu terbayang lagi. Teringat orang-orang terkasih yang telah tiada yang gambarnya ditayangkan dalam slide foto tersebut, dan bagaimana kami semua mengenang mereka dengan penuh cinta. Bulan ini diawali dengan Hari Para Kudus dan Hari Arwah, mari kita sempatkan diri untuk mendoakan dan memohonkan indulgensi bagi orang-orang yang telah terlebih dahulu menghadap Tuhan agar dapat segera berbahagia dalam “visio beatifica” (pandangan yang membahagiakan akan Tuhan) di surga.

Di bawah ini cuplikan kisah mengenai penjelasan yang menyenangkan tentang kematian: Seorang pasien berpaling menghadap dokternya, selagi dokter itu bersiap untuk pergi, "Dokter, Aku takut mati. Ceritakan apa yang ada di sebelah sana" Dengan lembut, dokter itu berkata, "Saya tidak tahu." "Anda tidak tahu? Anda, seorang Katolik, tidak tahu apa yang ada di sebelah sana?" Dokter itu sedang memegang gagang pintu kamar. Di ruangan sebelah terdengar suara garukan dan keluhan, begitu pintu itu dibukanya, seekor anjing menerobos masuk dan melompat ke arah sang dokter dengan antusias dan senang sekali. Menoleh ke arah sang pasien, dokter berkata, "Anda lihat anjing saya? Ia belum pernah masuk ruangan ini sebelumnya. Ia tidak tahu ada apa di dalamnya. Ia tidak tahu apa-apa, kecuali bahwa tuannya ada di dalam, dan ketika pintu dibuka, ia langsung masuk tanpa takut. Saya hanya tahu sedikit tentang ada apa setelah kematian tapi saya tahu benar tentang satu hal... saya tahu Tuhan saya ada di sana dan itu cukup."

J Ruly S

BULAN NOVEMBER - BULAN PERINGATAN ARWAH
Gereja Katholik menetapkan tanggal 2 November dan bulan November sebagai hari dan bulan peringatan Arwah. Ajaran dan Tradisi Gereja Katolik memberikan perhatian khusus bagi peringatan jiwa-jiwa di Api Penyucian dengan berbagai bentuk kegiatan dan devosi. Gereja menyadari dan percaya bahwa belum semua umat beriman yang sudah meninggal telah bersatu dalam kemuliaan Bapa di surga; dan bahwa ada Api Penyucian dimana karena dosa-dosa, mereka masih harus melaksanakan pemurnian terlebih dahulu di Api Penyucian. Untuk membantu mereka agar murni itulah dibutuhkan misa, doa, dan devosi serta bantuan umat beriman yang masih hidup di dunia untuk mendoakan jiwa-jiwa di Api Penyucian. Kitapun demikian, setiap bulan November, kita akan lebih banyak mendoakan kerabat dan leluhur kita yang telah meninggal. Katolik percaya bahwa ada pilihan lain sesudah kita meninggal, pilihan yang membuat kita amat bersyukur yaitu: Api Penyucian. Akan sangat mengerikan sekali jika kita hanya dihadapkan pada dua pilihan saja: Surga dan Neraka, sebab jarang sekali ada orang yang demikian kudus hidupnya sehingga dapat langsung masuk ke surga. Oleh karena Belas Kasihan Allah kepada umat manusia maka kita diberi kesempatan untuk memurnikan diri sebelum masuk ke surga yaitu melalui api penyucian.

Bukankah kita semua orang berdosa, yang setiap hari terus-menerus melakukan dosa-dosa kecil yang hanya tampak oleh Allah saja? Oleh karena itu bersukacitalah atas api penyucian di mana kita dapat membersihkan diri kita dari segala dosa sebelum memasuki kemuliaan surgawi yang abadi!

Kaledioskop Kegiatan November

*) Teks & Kredit Foto : A. Joko Sukirno
Minggu, 26 Oktober 2008 kita telah mengadakan kunjungan ke Gua Maria Kanada Rangkasbitung Banten, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan bulan Rosario 2008. Saat itu Rm Alexander Silaen berkenan ikut dalam kegiatan ini sekaligus sebagai pembimbing, dan ikut memimpin dalam Misa Konselebrasi.
Saat itu bersama ratusan peziarah lain, yang datang dari Bekasi, Tangerang, Bogor, Jakarta dan mungkin dari luar daerah tersebut, dengan penuh antusias dan kenyakinan, mengikuti alur jalan salib, termasuk beberapa anak – anak ( yang walaupun tetap diselingi dengan canda ria khasnya ) dari perhentian satu ke perhentian empat belas sembari diselingi untaian doa Salam Maria.

Kegiatan Lingkungan Antonius IV - November 2008

LINGKUNGAN ANTONIUS IV - WILAYAH ANTONIUS
PAROKI SANTA KLARA BEKASI – UTARA

Kepada Yth,
Bapak / Ibu / Sdr(i)


UMAT KATOLIK Lingkungan Antonius IV
Di tempat

Salam Damai dan Sejahtera dalam Yesus Kristus,
Mengundang kehadirannya pada kegiatan Lingkungan Antonius 4 pada :

A. IBADAT LINGKUNGAN : Untuk UMUM

Hari / tanggal : Sabtu, 15 November 2008
Tempat : Kel. Monica, PHR Blok I7 - 30
Waktu : 19.30 wib – selesai
Acara : Doa Syukur Sakramen Perkawinan

Hari / tanggal : Minggu, 30 November 2008
Tempat : Kel. Veronica Sri Hartati PHR Blok A2 - 20
Waktu : 19.30 wib – selesai
Acara : Doa Advent I

B. BINA IMAN ANAK : Untuk ANAK

Hari / tanggal : Minggu, 16 November 2008
Tempat : Kel. Petrus One, PHR Blok C 10 - 36

Hari / tanggal : Minggu, 23 November 2008
Tempat : Kel. Chandra Putra, PHR Blok C 10 - 21

Demikian undangan kami, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terima kasih. Semoga kasih Allah menyertai kita. Amien

Hormat kami,
Sekretaris Ketua


A. Joko Sukirno Thomas T. Kie Fam

Wednesday, November 12, 2008

Berita Keluarga November 2008

Berita Keluarga November 2008

SELAMAT ULANG TAHUN KELAHIRAN, kepada Bapak / Ibu / Saudara (i) :
No Nama Alamat Tanggal
1 Alb. Eddy Suranta PHR L5 - 26 1 November
2 Grediana Rumlus PHR A1 - 38 2 November
3 Hendry B Lumbantoruan PHR B2 - 7 2 November
4 Selvia Srimana ( ibu Antonius Rudy) PHR L1 - 40 3 November
5 Stefanus Nicolas ( putra kel Satriono ) PHR D3 - 18 5 November
6 Cenacius Kevin B ( cucu kel YB Slamet K ) PHR A2 - 20 6 November
7 Mathias Rainaldo ( putra kel Tigor Sinaga ) PHR C4 - 37 7 November
8 Th. Steven G ( putra kel Aditya G ) PHR A3 - 17 9 November
9 Elias Abat PHR L5 - 27 11 November
10 A Endang Sulatri PHR C10 - 36 11 November
11 FX. Cuandy PHR D10 - 2 12 November
12 Andina Novita Riany ( putri kel Handi W ) PHR C11 - 1 14 November
13 Yohana L Purnamasari ( putri kel Alias Abat ) PHR L5 - 27 16 November
14 Alexander K ( putra kel Petrus Agus ) PHR C10- 17 20 November
15 Andreas Mario ( putra kel Satriono ) PHR D3 - 18 21 November
16 Maudy Cendana G PHR D7 - 19 25 November
17 Catarina Agnes Novita ( ibu FX Ari Setiawan ) 25 November
18 Veronika Nani Noviana ( ibu Fransisko Soo ) PHR L6 - 25 26 November
19 Veronica Sri Hartati PHR A2 - 20 28 November
20 E. Adiyudha Wicaksono ( putra kel Ig. Mardiko ) PHR L4 - 10 30 November

SELAMAT ULANG TAHUN PERKAWINAN, kepada Bpk/Ibu/Sdr (i) :
No Nama Alamat Tanggal
1 L. Jemmy Kaseger + M. Jeane Karison PHR C4- 45 6 November
2 E. Aditya Surya G + F. Tan Aihwa PHR A3 - 17 16 November
3 F. Lukas Mintakda + C. Susana R PHR B5 - 57 17 November
4 Alx. Christian Suripto + P. Lia Khasanah PHR C9 - 38 28 November